^Back To Top

foto1 foto2 foto3 foto4 foto5


Get Adobe Flash player

Dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 153 tahun 2000 Tentang Penetapan Universitas Gadjah Mada Menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara, maka Universitas Gadjah Mada telah berubah dari sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PTBHMN) terhitung mulai tanggal 26 Desember 2000. Dengan penetapan ini berarti pula terjadi perubahan jumlah dan macam unit kelembagaan atau organ ditingkat Universitas yang semula terdiri atas Rektorat, Senat Universitas, dan Dewan Penyantun menjadi terdiri atas Pimpinan Universitas (PU), Majelis Wali Amanat (MWA), Senat Akademik (SA), Majelis Guru Besar (MGB), dan Dewan Audit (DA). Ditetapkan pula dalam PP No. 153 Tahun 2000, bahwa masa peralihan perubahan penyelenggaraan Universitas Gadjah Mada adalah 5 (lima) tahun (Ayat 2, Pasal 49), kecuali pengalihan status Pegawai Negeri Sipil menjadi Pegawai Universitas yang dilaksanakan selama‑lamanya dalam jangka 10 (sepuluh) tahun (Ayat 2, Pasal 33).

Pembentukan organ-organ ditingkat Universitas dilaksanakan oleh Universitas Gadjah Mada secara bertahap. Majelis Guru Besar Universitas Gadjah Mada baru terbentuk pada tanggal 5 Juli 2002 berdasarkan Surat Keputusan Majelis Wali Amanat Universitas Gadjah Mada Nomor : 07/SK/MWA/2002 tanggal 5 Juli 2002.

Visi Majelis Guru Besar UGM

Menjadikan Majelis Guru Besar Universitas Gadjah Mada sebagai lembaga yang mampu secara nyata menumbuhkembangkan budaya akademik yang kondusif dan dinamis bagi masyarakat Universitas dengan berlandaskan falsafah, prinsip, dan nilai-nilai dasar Universitas Gadjah Mada.

Misi Majelis Guru Besar UGM

  1. Menyelenggarakan pembinaan kehidupan akademik yang kondusif dan dinamis menuju terwujudnya kemantapan budaya melalui Tridarma Perguruan Tinggi dan mempunyai komitmen yang tinggi untuk memberikan kontribusi dalam mengatasi persoalan yang berkembang di masyarakat.
  2. Menyelenggarakan pembinaan integritas moral dan etika akademik sivitas akademika.
  3. Menyelenggarakan pembinaan dalam hal pemberian gelar kehormatan akademik melalui mekanisme dan prosedur yang transparan dan bertanggungjawab.
  4. Mendorong peningkatan kinerja akademik dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan wawasan global.
  5. Mendorong terwujudnya kualitas pengembangan karir akademik melalui mekanisme dan prosedur yang transparan dan bertanggungjawab.
  6. Meningkatkan peran dan fungsi Majelis Guru Besar dalam mewujudkan Visi dan Misi Universitas Gadjah Mada secara konsekuen dan konsisten.
  7. Mendorong penciptaan budaya akademik yang kondusif dalam bentuk berbagai kerjasama dalam dan luar negeri sebagai bentuk kontribusi dalam rangka ikut meningkatkan kesejahteraan rakyat.